02 Desember 2009

Donor Darah Rutin 3 Bulanan


Setiap 3 bulan sekali adalah sudah menjadi sesuatu yang rutin bagi saya untuk mendonorkan darah ke PMI sebagai pihak yang berkewenangan atas masalah ini. Pelaksanaan donor relatif singkat, yakni dimulai dengan pendonor mengisi formulir kesehatan, lalu pemeriksaan pendonor, antara lain jenis golongan darah, tekanan darah, pemeriksaan fisik dan test Hb, setelah itu dilanjutkan untuk proses pengambilan darah, yang akan memakan waktu sekitar 10-15 menit per orangnya. Setelah mendonor, pendonor biasanya akan disuguhi snack dan susu serta supllemen penambah darah.

Menjadi Donor darah adalah suatu perbuatan amal yang sangat mulia. Darah yang dinyatakan aman, hasil dari donor darah ini nanti akan disimpan dengan baik dan akan diproses lebih lanjut, hingga pada saat diperlukan tinggal dilakukan uji silang serasi dengan calon penerima (resipien). Untuk proses semuanya tsb ( kantong darah dan pemeriksaan darah ) membutuhkan biaya. Biaya pengolahan darah itulah yang diminta penggantiannya ketika keluarga resipien mengambil darah di PMI setempat. Jadi PMI tidak menjual darah tetapi hanya diminta mengganti biaya pengolahan darah.

Selain membantu banyak jiwa, donor darah secara rutin juga memiliki banyak keuntungan bagi pendonor, yaitu membantu menurunkan risiko terkena serangan jantung, mengurangi kelebihan zat besi dalam tubuh, mengurangi kekentalan darah yang akan mengurangi kemungkinan terjadinya penyumbatan pembuluh darah, tubuh kita akan memproduksi darah baru yang akan membawa oksigen ke jaringan tubuh, melancarkan sirkulasi darah yang baik akan meningkatkan metabolisme dan merevitalisasi tubuh. Disarankan, seusai mendonorkan darah, pendonor segera minum minuman berenergi atau makan makanan yang bernutrisi agar badan tidak lemas.


Berminatkah anda untuk menjadi pendonor darah? Berbuat amal dapat dilakukan dengan berbagai cara, termasuk menjadi pendonor darah.

0 komentar:

Posting Komentar

Sekarkurung Gresik's Fan Box

Sekarkurung Gresik © 2008. Design by :Yanku Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute