18 Agustus 2009

64 tahun sudah bangsa ini merdeka...




Senin, 17 Agustus 2009 tepat 64 tahun usia kemerdekaan bangsa ini. Sebagian masyarakat kota Gresik memperingatinya dengan mengikuti jalannya upacara pembacaan teks proklamasi dan pengibaran bendera merah putih di Alun alun kota Gresik, dengan dipimpin oleh inspektur upacara bapak Bupati KH.Robbah Maksum dan peserta dari TNI/Polri, PNS, Pelajar dan Mahasiswa.
Memang dengan secara langsung terlibat dalam upacara ini membuat sebagian dari hati ini meradang, sebagai generasi penerus bangsa entah yang keberapa...sudah berapa banyak dan berartikah sumbangsih yang kuberikan kepada bangsa ini selama umur hidup ini? Cukupkah hanya dengan bersyukur kepada Sang Pencipta, ataukah hanya cukup dengan mengheningkan cipta mendoakan para pejuang yang telah gugur di medan laga ? Kalimat tsb.selalu diucapkan oleh mantan kepala sekolah SMAku saat memberikan pidato saat upacara 17 Agustusan di sekolahku. Dan oleh beliau kami hanya disuruh mengisi kemerdekaan ini dengan giat belajar dan menuntut ilmu setinggi tingginya.
Ketika hari ini kalimat tsb.dipertanyakan lagi kepada seorang buruh pabrik sepertiku, aku akan mengisi kemerdekaan ini dengan giat bekerja dan memberikan keuntungan setinggi tingginya buat perusahaanku agar bisa setor pajak.
Dan perusahaanku bisa menggajiku lebih tinggi lagi dan aku akan setorkan juga pajakku kepada negara ini, dengan demikian aku telah menjadi warga negara yang baik.



Sekarang eranya globalisasi dunia, persaingan usaha semakin ketat kalimat tsb.selalu diucapkan oleh pimpinan perusahaanku. Dan aku hanya bisa mengiyakan ucapan beliau, tidak menambahi dan tidak pula mengurangi dan tidak pula mengomentari. wong aku cuma buruh koq.
Memang sering bikin pusing dan bagi mereka yang tidak siap mengantisipasinya lama lama juga kepalanya akan panas dan bisa kelenger (pingsan).

Tapi dalam hati kecilku masih meyakini kalo bangsa ini akan terus melangkah ke depan dengan belajar dari kenyangnya 350 tahun lamanya di era kolonialisme, membuat bangsa ini menjadi bangsa yang besar. Bangsa yang mayoritas rakyatnya muslim. Bila saja semua orang muslim di negara ini berdoa dengan terlebih dahulu bertawasul dengan amal solehnya...Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang tentu akan mendengar doanya. Insya Allah....

0 komentar:

Posting Komentar

Sekarkurung Gresik's Fan Box

Sekarkurung Gresik © 2008. Design by :Yanku Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute